PENDAMPINGAN PESANTREN KILAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA PLANCUNGAN JAWA TIMUR
Keywords:
pendampingan; pesantren kilat; siswa; sekolah dasarAbstract
Pesantren kilat adalah metode pendidikan agama Islam yang intensif dan efektif dalam waktu yang singkat untuk meningkatkan keimanan serta wawasan keislaman para siswa. Pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi pelaksanaan pesantren kilat di SD Negeri Plancungan dengan menitikberatkan pada peningkatan kualitas pengajaran, pembelajaran, dan pengelolaan kegiatan. Metode pelaksanaan pendampingan dilakukan melalui kegiatan mahasiswa KKNT. Pendekatan partisipatif diterapkan dalam pendampingan ini, dengan melibatkan mahasiswa KKNT, para pengajar, dan siswa. Kegiatan pendampingan yang dilakukan meliputi perancangan program pengajaran, pelatihan bagi para pengajar, dan evaluasi berkala pada siswa. Hasil dari kegiatan pendampingan ini menunjukkan adanya peningkatan yang baik dalam berbagai aspek, termasuk pemahaman ilmu agama, praktik ibadah, dan pembentukan karakter siswa. Pendampingan ini memberikan dampak positif untuk turut meningkatkan mutu pendidikan agama di sekolah melalui pesantren kilat, sekaligus menjadi dasar bagi pengembangan lebih lanjut dalam memperkuat pendidikan karakter dan nilai-nilai keislaman bagi para siswa.

