PELATIHAN PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY BAGI GURU PAUD SE-DESA BUNIWANGI
Keywords:
augmented reality; guru paud; pelatihanAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya pemahaman guru PAUD dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) yang berpotensi meningkatkan kualitas proses belajar anak usia dini. Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pelatihan penggunaan AR kepada 18 guru PAUD se-Desa Buniwangi agar mereka mampu mengintegrasikan teknologi tersebut ke dalam pembelajaran secara kreatif dan inovatif. Metode yang digunakan berupa praktikum langsung dengan pendampingan intensif, di mana peserta berlatih menggunakan aplikasi AR sesuai kebutuhan pembelajaran PAUD. Evaluasi dilakukan melalui observasi, angket kepuasan, serta tes keterampilan sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan, yakni 82% pada aspek softskill (percaya diri dan kreativitas) serta 76% pada aspek hardskill (penguasaan teknis aplikasi). Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif meningkatkan kapasitas guru PAUD dalam memanfaatkan teknologi AR untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.

